Rabu, 13 Juli 2011

Label:

Android

Tidak ada kata terlambat untuk mengulas tentang yang satu ini….
Mungkin ada diantara kita pernah mendengar istilah yang berkenaan sengan dunia selular yaitu beberapa diantaranya seperti Java, Symbian dan Android. Ketiga nama tersebut adalah merupakan sebuah nama sistem operasi (OS) pada sebuah ponsel. Apakah sistem operasi ponsel itu?. Seperti halnya system operasi pada computer (Window, Linux dll), sistem operasi ponsel adalah software (perangkat lunak) utama yang melakukan menejemen dan kontrol terhadap hardware ponsel secara langsung serta manejemen dan mengotrol software-software lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja untuk unjuk kerja sebuah ponsel. Berbagai jenis sistem operasi yang ada pada ponsel saat ini diantaranya : Symbian OS, Blackberry OS, Iphone OS, Windows Mobile OS, Java OS dan Android OS.

Disini kita akan mengupas tuntas tentang system operasi yang kini sedang naik daun yaitu Android. Android adalah nama sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android merupakan platform terbuka untuk menciptakan aplikasi sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awal muasalnya, perusahaan Google Inc. membeli Android Inc., yang merupakan pendatang baru pembuat software untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Sekitar September 2007 Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak (mobile) yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug ( kelemahan software) dan penambahan fitur baru.
Ponsel pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

MACAM-MACAM VERSI ANDROID Android versi 1.1 Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

Android versi 1.6 (Donut)
Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.
Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps - aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.
Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)
Pada 6 Desember 2010, Android versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.


Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Honeycomb dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom. Perangkat tablet dengan platform Android 3.0 akan segera hadir di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Rencana masuk pasar Indonesia pada Mei 2011.


Android versi 4.0 (Ice Cream)
Android versi 4.0 rencananya akan dirilis akhir tahun 2011.


FITUR DAN DAYA TARIK  PONSEL ANDROID
Fitur :
• Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
• Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
• Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
• SQLite: untuk penyimpanan data.
• Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,
AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
• GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
• Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

Daya Tarik :
* Antar muka yang interaktif

* Multi Tasking (dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus )
* Homescreen informatif.
* Setting yang mudah
* Browsing internet lebih cepat
* Akses ke ribuan aplikasi Android sangat mudah via Google Android Market.
* Integrasi ke Gmail, Contact, Google Talk, Calendar
* Notifikasi ( tanda pemberitahuan) mudah dan lengkap
* Ada kemungkinan upgrade ke versi Android yg lebih bagus
* Pilihan Ponsel yang beraneka ragam (Sony Ercicsson, Motorola, Huawei, HTC, Samsung, LG sampai ponsel lokal pun ada yg sudah Android.
* Google maniak ( bermacam aplikasi Google ) terintegrasi.


TIPS BELANJA PONSEL ANDROID
Android tak bisa dipungkiri merupakan sistem operasi yang sangat populer untuk saat ini. Android hadir sebagai saingan terberat buat iOS yang dikembangkan oleh Apple dan Blackberry OS dari RIM. Satu kelebihan Sistem Operasi Android dibandingkan dengan iOS dan Blackberry adalah tersedia banyak pilihan handphone yang menggunakan sistem operasi Android. Berbeda dengan dengan IOS yang khusus untuk iPhone, iPod ataupun iPad dari Apple.
Saking banyaknya handphone dengan sistem operasi Android, terkadang membuat kita sedikit bingung, mana sih handphone Android yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Karena tentunya berbeda merk, akan berbeda juga tampilan menu dari handphone tersebut, meskipun kedua-keduanya sama menggunakan Android.

1. Teliti Versi Android
Sampai saat ini sistem operasi tersedia dalam beberapa macam pilihan versi (update), mulai dari versi 1.5 atau CupCake, Android versi 1.6 yang dikenal dengan istilah “Donut”, Android 2.1 (Éclair), Android 2.2 (Froyo) sampai Android 2.3 alias Gingerbread! Untuk saat ini, saat membeli sebuah Handphone Android ada baiknya Anda memilih minimal versi 2.2 alias Froyo. Yang salah satu kelebihannya adalah Anda bisa menginstal Aplikasi ke SD Card alias memori Eksternal. Berbeda dengan versi sebelumnya yakni Android 2.1 ke bawah, dimana Aplikasi hanya bisa diinstal ke memori telepon (internal), kecuali dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama App2SD dimana Anda bisa menginstal Aplikasi ke SD Card di Android 2.1 ke bawah.


2. Tampilan Menu (Modifikasi)
Kalau Anda ingin merasakan Android asli alias pure Android maka pilihan terbaik jatuh ke Google Nexus S atau Google Nexus One. Untuk Handphone merk lain misal dari Motorola maka tampilan menu akan berbeda karena telah dimodifikasi (disebut Moto Blur), untuk HTC terkenal dengan Menu Sense UI begitu juga dengan Sony Ericsson mempunyai tampilan menu yang sudah dimodifikasi sehingga bisa terasa nuansa SE-nya


3. Prosesor
Sama seperti Laptop ataupun Komputer, saat Anda akan memilih sebuah handphone Android, jangan lupa untuk memperhatikan prosesor yang digunakan. Untuk saat ini, belilah Handphone Android dengan prosesor minimal 1GHz. Ini tentunya adalah agar kinerja handphone tersebut bisa lebih maksimal dan kalau dikemudian hari tersedia update terbaru dari Sistem Operasi Android! Jangan lupakan juga memori RAM dari Handphone tersebut (minimal 512MB), juga Kartu Grafis yang dipakai, sehingga akan menambah kenyamanan Anda saat memainkan sebuah game di Handphone Android.

4. Jaringan
Meski di Indonesia koneksi 4G masih teramat jarang, tapi tak ada salahnya jika Anda lebih memilih handphone Android yang sudah mendukung koneksi 4G, semisal HTC EVO 4G. Sehingga bila nantinya koneksi 4G mulai tersedia secara luas di Indonesia, Handphone Android Anda tidak akan terlalu ketinggalan zaman, toh sudah mendukung koneksi 4G.


BEBERAPA PONSEL ANDROID MURAH

Untuk dapat menikmati hp android kini tidak perlu merongoh kocek yang terlalu dalam karna saat ini telah banyak ponsel android yang beredar dengan harga 1 juta-an.
Berikut adalah harga hp android murah 1 jutaan diantaranya :
- Samsung Galaxy Mini
- LG Optimus Me
- CSL Blueberry Mi320
- IMO Android X2
- Huawei Ideos C8150 CDMA


TIPS PONSEL ANDROID

Tips untuk Baterai ponsel Android agar tahan lama:

1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan lagi.
Ponsel ini memang mempunyai fungsi multitasking, sehingga pengguna dapat menjalankan satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa harus mematikan aplikasi sebelumnya. Di satu sisi memang bagus, namun jeleknya aplikasi yang masih berjalan ini juga memakan energi, meski tidak digunakan.Untuk melakukan ini, pengguna bisa melakukannya secara manual dengan mematikannya satu-satu. Namun, Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti 'Advanced Task Killer' untuk mematikan, atau menyortir aplikasi mana yang ingin 'dibunuh'.
Selain itu, ada aplikasi lain bernama 'Battery dry to Save Battery'. Aplikasi ini jauh lebih komplit, karena juga memberikan informasi tambahan aplikasi mana saja yang memakan energi besar.
2. Mengurangi kecerahan layar.
Anda tidak perlu resolusi pencahayaan yang besar saat siang atau berada di luar ruangan. Jadi, layar di perangkat Anda bisa dikurangi untuk menghemat baterai.
Caranya cukup mudah, masuk ke menu 'setting', lalu pilih 'display, setelah itu pengguna bisa mengatur kontras warna dan rasio kecerahaan.
3. Matikan live wallpaper.
Ponsel Android memang sangat keren bila muncul dengan walpaper yang bisa bergerak-gerak. Akan tetapi, sayangnya ini cukup menguras tenaga bagi baterai handsetnya. Ada baiknya Anda cukup mengganti walpaper biasa, untuk mengemat baterai.
4. Mobile network.
Komputer dalam genggaman memang disematkan untuk ponsel Android ini, karena kemampuannya untuk menjelajah dunia maya sangat mengagumkan. Tapi bila Anda sedang tidak dalam keadaan online, ada baiknya memang jaringan mobile dimatikan untuk menghemat kondisi.
Caranya, masuk ke menu setting, lalu pilih Wireless and network, setelah itu baru pilih mobile network, kemudian pilih fungsi 'off'.


Tips lainnya :

1. Cara mengetahui versi firmware ponsel android.
Untuk mengetahui versi firmware yang terpasang di handset dapat dilakukan dengan melihat ke Launcher Menu > Settings > About phone, info di Firmware version menginfokan versi firmware yang terpasang di handset.

2. Cara mengetahui total kapasitas penyimpanan yang tersisa di ponsel android.
Untuk melihat total kapasitas penyimpanan yang tersisa pada handset dan SD Card yang terpasang dapat dilihat di Launcher Menu > Settings > SD card & phone storage. Di sana akan diinformasikan total storage yang tersisa untuk internal handset storage dan SD Card.

3. Cara memasukan data seperti document, foto dan lainnya ke dalam SD Card ponsel android.
Agar dapat memasukan file ke dalam SD Card di handset dapat dilakukan dengan cara menyambungkan handset ke PC/laptop melalui kabel USB dilanjutkan dengan menarik ke bawah notification bar di paling atas home screen pada handset. Pilih USB connected dilanjutkan dengan menekan pilihan tombol mount hingga di PC/laptop akan muncul pop-up windows atau removable disk dan diteruskan dengan mengkopi file yang ingin ditaruh di SD Card handset.Setelah menaruh file ke SD Card, untuk men-disable-kan mapping SD Card di PC/laptop dapat dilakukan dengan menarik ke bawah notification bar di paling atas home screen pada handset kembali dan pilih turn off USB storage dan tekan tombol off.

4. Caranya agar jaringan yang digunakan selalu ke jaringan 2G ponsel android.
Untuk men-set agar jaringan yang digunakan selalu 2G network dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:
• Masuk ke Launcher Menu > Settings > Wireless controls > Mobile network settings, contreng “Use only 2G networks”
• Masuk ke phone dan tekan *#*#INFO#*#* atau *#*#4636#*#*, setelah itu masuk ke Phone information dan set preferred network type ke GSM Only.

5. Cara login google account di ponsel android.
Untuk dapat login atau menggunakan google account dapat dilakukan dengan membuka salah satu aplikasi google yang ada di handset, misal aplikasi gmail, gtalk dan market. Saat pertama kali salah satu aplikasi tersebut dijalankan kita akan diminta untuk memasukan user dan password akun google kita.

6. Cara mereset kembali ke pengaturan pabrik ponsel android.
Factory data reset atau mengembalikan ke setting default handset dapat dilakukan dengan masuk ke Launcher Menu > Settings > Security dilanjutkan dengan memilih/menekan Factory data reset.

7. Cara mengganti google user account yang sedang digunakan di ponsel android.
Untuk mengantinya kita harus sign out dari Google account yang sedang digunakan setelah itu login kembali dengan user lainnya. Untuk sign out dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
• Masuk ke Launcher Menu > Setting > Applications > Manage application dan di aplikasi Gmail, Gmail storage, Google Apps & Google search lakukan clear data setelah itu login dengan user yang baru
• Dengan melakukan factory data reset, tetapi dengan cara ini semua data dan aplikasi yang terinstal di luar bawaan handset yang berada internal storage akan terhapus sehingga sebaiknya lakukan backup data dengan aplikasi backup/restore sebelum melakukannya.

8. Cara meneruskan (forward) SMS yang didapat di ponsel android.
Forward SMS dapat dilakukan dengan menekan dan tahan pesan yang ingin di-forward hingga muncul menu pilihan forward SMS dan setelah itu masukan nomor tujuan yang hendak dikirim.

9. Cara Install aplikasi dari file *.apk dari hasil download ke ponsel android..
Sebelum menginstal sebuah file *.apk dari sebuah aplikasi, pastikan ke Launcher Menu > Settings > Application > Unknown source sudah dicontreng. Setelah itu lakukan:
• Taruh file *.apk dari aplikasi di SD Card
• Instal aplikasi Astro File Manager yang dapat diunduh dan dinstal dari market
• Klik file *.apk di tempat file tersebut ditaruh
• Tunggu hingga aplikasi selesai diinstal

• Bagaimana mengganti mode ringtone menjadi silence & vibrate di handset?

Untuk mengganti ke mode ringtone menjadi silence dan vibrate dapat dilakukan dengan menekan dan menahan tombol power hingga keluar menu dan diteruskan dengan memilih silence atau vibrate. Untuk menghidupkan kembali ke menu berbunyi, lakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

10. Caranya memindahkan data contact di Microsoft outlook ke contact handset ponsel android.
Untuk memindahkan data contact yang disimpan di Microsoft Outlook dapat dilakukan dengan mengexport data di contact Microsoft Outlook menjadi file csv dimana setelah itu data tersebut diimport ke contact yang ada di web Gmail sehingga data tersebut akan dicatat di handset ketika proses synchronize Gmail berjalan.
11. Caranya memindahkan data contact sim card ke contact ponsel android.
Untuk mengkopi data contact yang ada di simcard dapat dilakukan dengan menekan tombol menu di handset dan masuk ke Import/Export dimana setelah itu pilih Import from SIM Card dari menu pilihan yang keluar.

12. Cara mematikan T9 di keyboard ponsel android.
Untuk men-disable-kan T9 ketika mengetik dapat dilakukan dengan masuk ke Launcher Menu > Settings > Language & keyboard > Android keyboard, lakukan untick pada Prediction atau Suggestion.

Sumber : Dari berbagai sumber






0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda akan sangat membantu untuk selalu memberikan yang terbaik buat anda. Silahkan berikan komentar yang positif, trim's

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...